-->

Niat Puasa 10 Rajab Siang Dan Malam Hari Lengkap Dengan Bahasa Arab Dan Terjemahannya

Niat Puasa 10 Rajab
Source: Pixabay.com

Umat Islam dapat menjalankan puasa 10 Rajab pada 22 Januari 2024. Sebelum memulai ibadah puasa sunnah tersebut, mari kita pahami niat puasa 10 Rajab melalui penjelasan berikut.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia 2024 dari Kemenag RI, tanggal 10 Rajab 2024 jatuh pada hari Senin. Pada hari itu, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunnah. Meski tidak ada aturan khusus, laman resmi Nahdlatul Ulama menyarankan puasa pada hari-hari utama, seperti Senin, Kamis, Jumat, dan Ayyamul Bidh (13-15 Rajab) untuk mendapatkan pahala lebih besar.

Pentingnya puasa 10 Rajab membuat perlu pemahaman niat puasa sebagai pengingat bahwa ibadah ini dilakukan semata-mata untuk Allah SWT.

Sebelum mengetahui tata cara dan niat puasa, sebaiknya pahami jadwal puasa bulan Rajab 2024 berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024:

10 Rajab 1445 H: 22 Januari 2024

Untuk menjalankan puasa 10 Rajab, tata caranya mirip dengan puasa sunnah pada umumnya, yang membedakannya adalah bacaan niat. Niat puasa Rajab dapat dibaca malam sebelumnya atau disusul pada siang harinya jika terlupa. Semoga ibadah puasa kita diterima dengan baik.

Niat Puasa 10 Rajab pada Malam Hari

Dalam rangka menjalankan ibadah puasa 10 Rajab, seorang Muslim disarankan untuk membaca doa niat puasa terlebih dahulu. Berikut adalah doa niat puasa Rajab pada malam hari yang bisa diamalkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnati Rajaba lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT."

Niat Puasa 10 Rajab pada Siang Hari

Selain itu, jika seorang Muslim yang ingin berpuasa 10 Rajab tidak sempat melafalkan niat pada malam hari, diperbolehkan untuk menyusul bacaannya pada siang harinya. Berikut adalah bacaan doa niat puasa Rajab pada siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i sunnati Rajaba lillâhi ta'âlâ."

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Rajab hari ini karena Allah SWT."

Itulah bacaan niat puasa 10 Rajab dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya, lengkap dengan panduan cara melaksanakannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Niat Puasa 10 Rajab Siang Dan Malam Hari Lengkap Dengan Bahasa Arab Dan Terjemahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel