Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

4 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

Pengetahuan mengurusi keuangan secara betul penting untuk dimengerti setiap orang. Bijak dalam mengurusi keuangan akan menjadikan kondisi ekonomi keluarga semakin teratur dan akan membawa makin banyak manfaat dalam kehidupan. Tapi tahukah Anda, bila tipe personalitas seorang sebenarnya sepadan lurus dengan seorang dalam mengurusi uangnya.

Masing-masing tipe personalitas dalam banyak hal bisa mempengaruhi cara orang itu dalam mengurusi uangnya. Pakar keuangan Ray Linder, merasakan bila dari segi keuangan minimum ada 16 profil personalitas. Dari ke-16 profil personalitas ini, digolongkan kembali dengan singkat jadi 4 barisan, yang masing-masing mencirikan berkenaan bagaimana cara orang itu dalam menyikapi dan mengontrol keuangannya.

Artikel kali ini memiliki arah mengulas lebih dalam berkenaan tipe personalitas yang kuat hubungan dengan teknis mengurusi keuangan. Baik atau buruk, sudah tentu tiap barisan punya beberapa ciri tertentu. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Tipe Planner (Perencana)

Kelompok kepribadian dengan tipe perencana dikenal betul-betul cermat. Karena kecermatannya berikut orang yang masuk ke barisan personalitas bertipe perencana atau planner dilihat betul-betul pas dalam menjadi pengurus investasi masa panjang.

Bukan hanya untuk seorang, barisan personalitas bertipe planner mampu mengurus keuangan pribadinya sampai kepentingan di masa kedepan bisa tercukupi. Selain investasi, mereka jeli dan disiplin dalam memantau peralihan berkaitan dengan investasi masa panjang yang telah digerakkan.

2. Tipe Players (Pemain)

Seperti nama personalitasnya, mereka yang punya tipe personalitas keuangan demikian memang cenderung bermain dengan uangnya. Ray Linder, sebagai pakar menggunakan istilah kompulsif. Di mana orang dengan tipe personalitas keuangan demikian ada kecenderungan selalu untuk habiskan uang, konsumtif dengan berasa tidak peduli apa keputusan keuangannya itu masuk pada barisan tindakan berefek keuangan tinggi atau mungkin tidak.

3. Tipe Protector (Pelindung)

Disebutkan demikian karena tipe personalitas ini betul-betul benar-benar siaga dan benar-benar membuat pelindungan uang yang dimilikinya. Hidupnya cenderung tidak ada pada jalur resiko keuangan, persoalan hari besok sudah dipersiapkan dengan masak, umumnya dengan gunakan atau menyiapkan dana pensiun dari tugas.

Personalitas ini sekilas kelihatan betul-betul sempurna, bahkan dari sisi kegiatan rutin berbelanja sekalipun, tipe personalitas ini cenderung pasif walau pada suatu waktu ada merek baru yang meletus. Orang dengan watak personalitas protector tidak mau usaha untuk membelanjakan uangnya untuk hal semacam itu.

4. Tipe Pleaser (Penggembira)

Siapa yang sempat punya pengalaman berteman dengan orang yang paling royal dalam membelanjakan uangnya. Sering membayarkan beberapa temannya atau biasa dijumpai dengan istilah sosialita? Bila dalam persahabatan kita bertemu orang yang semacam ini bisa jadi mereka adalah mereka yang bertipe pleaser atau penggembira.

Pakar keuangan menggolongkan tipe personalitas ini menjadi dua tipe kembali. Pertama adalah mereka yang hobi membelanjakan uangnya sebagai segi dari status sosial untuk seorang. Kedua adalah mereka yang cenderung membelanjakan uangnya untuk diri kita.