Cara membuat video animasi

Cara Membuat Video Animasi Seperti Profesional

Cara membuat video animasi

Cara Membuat video animasi yang sempurna bisa tampak seperti tugas yang sulit. Apakah Anda melakukannya sendiri atau ingin memiliki tim internal, karena tanpa proses yang jelas, membuat video animasi sederhana masih bisa menjadi tugas yang menakutkan.
Ini mungkin lebih sulit jika Anda seorang pemula. Tapi jangan khawatir.
Kami telah menyusun panduan 6 langkah untuk membantu Anda mengatasi rintangan dan membuat video animasi seperti Profesional!

Langkah 1: Ketik teks video yang sangat baik
Langkah 2: Buat Storyboard untuk video animasi Anda
Langkah 3: Pilih gaya video animasi Anda
Langkah 4: Pindahkan video Anda
Langkah 5: Menambahkan musik latar belakang yang tepat
Langkah 6: Ceritakan kisah Anda

Langkah 1: Ketik teks video yang sangat baik

Langkah Pertama Cara membuat video animasi dgn membuat Rencana video Animasi, ini adalah dasar untuk membangunnya, seperti skenario untuk video animasi Anda. Sebagai penulis skenario, Anda pada dasarnya harus memutuskan apa yang akan muncul di video Anda.
Meskipun ini mungkin menakutkan pada awalnya, dengan sedikit pekerjaan rumah, hal-hal bisa sangat mudah.

Menulis ringkasan: Untuk tujuan dan arah yang jelas untuk video Anda

Sebelum Anda mulai menulis skrip untuk video Anda, Anda perlu menulis umpan video yang kuat. Ini akan membantu Anda menentukan target, audiens target, dan pesan dasar video Anda.
Sebelum menulis skrip pada dasarnya, Anda harus memiliki klarifikasi pada:

  • Mengapa Anda membuat video Animasi ini?
  • Apa yang perlu dicapai?
  • Siapa target audiens Anda?
  • Tindakan yang harus diambil penonton setelah melihat, dan
  • Apa pesan dasar video Anda?

Buat Pesan Anda menjadi cerita sederhana

Setiap video animasi yang Anda buat akan berisi satu atau beberapa pesan dasar yang ingin Anda kirimkan kepada audiens Anda. Tantangannya adalah mengubah pesan dasar ini menjadi cerita sederhana dan singkat yang menarik audiens Anda.

Pastikan cerita Anda berisi ketiga elemen ini:

Hook: Ini adalah bagian terpenting dari teks. Ini akan menjadi 8-10 detik pertama untuk video berdurasi satu menit. Ini akan memutuskan apakah penonton akan tinggal atau memakai. Anda harus memberikan alasan yang meyakinkan untuk lampiran mereka.

Ini adalah bagian utama dari video Anda. Di sinilah Anda mendapatkan daging video Anda. Pastikan mereka hidup sampai hook Anda. Banyak yang err dalam menghancurkan video mereka setelah penumpukan besar.

Ini adalah bagian terakhir dari video Anda. Jika kait dan jamur Anda bagus, banyak pemirsa akan mencapai bagian CTA. Di sinilah Anda memimpin mereka untuk mengambil beberapa tindakan.

Langkah-langkah ini membantu video kami mengungguli semua video pesaing kami dengan sangat mudah. Kami sangat yakin bahwa itu akan membantu Anda melakukannya juga.

Langkah 2: Buat Storyboard untuk video animasi Anda

Workpad memainkan peran kunci dalam proses pembuatan video animasi apa pun. Kolaborator dan pembuat keputusan akan memberikan gambaran tentang seperti apa video akhir Anda bahkan sebelum Anda mulai membuatnya.
Sebagai permulaan, membuat dasbor akan membantu memprediksi apakah konsep video Anda akan berfungsi. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengedit elemen visual dan teks Anda untuk membuat video animasi yang paling menarik.

Berikut cara membuat cerita yang sempurna untuk video animasi Anda:
Workpad menyerupai strip komik video animasi Anda dan tujuan membuatnya membantu mengatur adegan video demi adegan.
Sampel cerita akan terlihat seperti yang di bawah ini,

Cara membuat video animasi

Gunakan kotak persegi panjang untuk mewakili adegan secara berurutan dan kotak yang lebih kecil di bawah ini untuk membedakan dialog dan tindakan, jika ada. Anda juga dapat menggunakan kotak yang lebih kecil untuk merencanakan animasi atau sudut kamera di video Anda.

Gunakan alat cerita online

Membuat komik dengan cara tradisional dapat tampak berantakan jika keterampilan menggambar Anda sederhana. Ada alternatif online sekalipun.
Banyak Animaker digunakan untuk tujuan ini. Meskipun sebenarnya alat animasi lengkap, antarmuka drag and drop sederhana membuatnya mudah untuk membuat papan cerita.
Berikut adalah model workpad yang dibuat menggunakan Animaker,

Cara membuat video animasi

Kemudian, Anda bahkan dapat mengubah komik Anda menjadi video yang bergerak!

Langkah 3: Pilih gaya video animasi Anda

Ada berbagai jenis video animasi yang dapat Anda buat, tetapi tidak semua gaya akan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Setiap pola memiliki pro dan kontra. Jika seseorang terlihat menyenangkan dan kreatif, yang lain dapat menetapkan nada yang menginspirasi atau serius.
Berikut adalah gaya video animasi paling umum yang dapat Anda buat:

Video animasi 2D

Animasi 2D adalah pola video animasi yang paling umum. Ini dibuat dengan urutan gambar berturut-turut dalam perkembangan bertahap langkah-langkah untuk mensimulasikan gerakan seperti kehidupan yang mirip dengan bentuk animasi tradisional.
Jenis animasi ini cocok untuk audiens B2B dan B2C. Ketika audiens Anda tumbuh menonton kartun di masa kanak-kanak mereka, video animasi 2D segera mengembangkan hubungan emosional yang kuat dengan mereka, meningkatkan interaksi pemirsa!

Video animasi Papan Tulis paling cocok untuk membuat ilustrasi produk. Jika metode yang benar dilakukan menggunakan teks dan CTA yang menarik, Anda bisa mendapatkan lebih banyak konversi penjualan.
Ini mensimulasikan efek karakter dan objek yang dibuat di depan penampil pada panel putih normal. Ini segera menarik perhatian pengguna dan tetap dalam ingatan mereka lebih lama. Selain itu, ada 4 gaya video papan tulis yang dapat Anda buat: papan tulis, notebook, papan kaca, dan video jahitan.
Video papan tulis sangat cocok untuk industri pendidikan, dengan guru biasanya menggunakan tanda putih dan papan untuk menjelaskan ide-ide kompleks siswa mereka.

Mencetak video animasi

Video animasi menggunakan pencetakan adalah metode yang memadukan gerakan dan teks untuk mengekspresikan ide dalam bentuk animasi video. Jenis video ini umumnya digunakan untuk membuat video lirik lagu untuk trek musik Anda.
Ini adalah format video yang sempurna untuk digunakan saat Anda ingin penonton fokus pada kata-kata yang disajikan. Selain itu, menciptakan satu biasanya membutuhkan lebih sedikit waktu.

Video Animasi Infografis

Video animasi infografis dapat digunakan untuk mengubah data membosankan Anda menjadi cerita yang menarik.
Jenis video ini bahkan lebih mencolok karena berisi banyak animasi, angka, grafik, dan konten visual lainnya yang secara alami menarik perhatian pemirsa.
Jika Anda masih memberikan data penjualan bulanan kepada atasan Anda menggunakan spreadsheet, Anda pasti harus mencoba animasi!

Video animasi manual

Video animasi manual adalah cara sederhana namun efektif untuk menjelaskan konsep. Oleh karena itu, mereka bisa lebih tepat untuk menjelaskan ide-ide kompleks.
Video-video ini meniru efek memindahkan barang-barang di sekitar tempat kejadian dengan tangan, dan karena itu secara alami menarik perhatian mata manusia.

Ini adalah jenis video animasi yang paling umum digunakan oleh merek di seluruh dunia. Anda juga dapat menggunakan versi campuran. Anda dapat mencampur dan mencocokkan gaya video ini untuk membuat video Anda lebih menarik.

Langkah 4: Pindahkan video Anda

Menentukan cara memindahkan video Anda bisa menjadi tantangan karena ada banyak opsi untuk dipilih. Setiap opsi memiliki pro dan kontra.
Berikut adalah beberapa cara Anda dapat membuat video animasi,

Menyewa tim internal:

Opsi ini paling sesuai dengan merek Anda jika Anda berencana untuk membuat serangkaian video animasi dan memiliki akses ke anggaran pemasaran yang besar.
Pertama, Anda memerlukan tim penulis skenario, pelukis kartun, dan seniman suara.
Anda kemudian harus memberi mereka akses ke peralatan dan perangkat lunak yang diperlukan. Meskipun ini adalah pembelian satu kali, itu dapat dengan mudah dikenakan biaya puluhan ribu dolar.
Selain itu, kualitas dan waktu produksi setiap video animasi hanya akan tergantung pada kapasitas internal tim Anda.

Outsourcing ke studio animasi:

Outsourcing akan lebih cocok untuk Anda jika Anda hanya merencanakan proyek video animasi satu kali. Ada lagi perdebatan tentang memilih studio animasi yang tepat dan bertanya berapa banyak mereka akan menagih.

Pertama, Anda harus memikirkan jadwal dan anggaran proyek Anda. Ketika datang ke outsourcing, semakin cepat Anda membutuhkan video Anda, semakin banyak yang Anda belanjakan!
Dalam hal ini, kualitas video akan tergantung pada seberapa baik ide Anda dikirimkan ke studio dan seberapa baik mereka memahami merek Anda.

Lakukan sendiri:

Ketika Anda memiliki anggaran terbatas tetapi pada saat yang sama Anda membutuhkan video animasi pembunuh, aplikasi DIY adalah teman terbaik Anda!
Ya! Kau bisa melakukannya sendiri. Tidak! Anda tidak perlu menonton video “indikatif” dari program kompleks di youtube.
Yang Anda butuhkan hanyalah PC/Mac dan akses ke koneksi Internet. Berlangganan alat DIY dan mulai membuat video animasi dari browser web Anda.

Dengan Animaker, Anda dapat membuat animasi 2D, video papan tulis, video infografis, video tangan, mencetak video, dan bahkan membuat file GIF Anda sendiri. Anda dapat memanfaatkan lebih dari 90 model dan perpustakaan animasi terbesar di dunia. Anda dapat memeriksa kemungkinan aplikasi gratis kami di sini.

Langkah 5: Menambahkan musik latar belakang yang tepat

Menambahkan musik latar belakang ke video Anda seperti meletakkan ceri di atas kue. Tanpa dia, sesuatu akan hilang!
Namun, menemukan trek yang tepat dari jutaan yang tersedia online bisa sulit, dan sekali lagi, sebagian besar musik yang Anda temukan secara online tidak bebas hak cipta; hal terakhir yang Anda inginkan adalah seseorang menuntut Anda, untuk menggunakan musik mereka tanpa izin!
Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat memilih musik latar belakang:

Pikirkan tentang gairah yang ingin Anda bangkitkan:

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa lagu membuat Anda sedih? Musik dapat membangkitkan perasaan. Ini dapat menyesuaikan suasana video Anda. Jadi pilih bagaimana perasaan penonton setelah menonton video Anda.

Memahami kepribadian pembeli:

Selera orang bervariasi tergantung pada musik. Mereka juga bervariasi seiring bertambahnya usia. Sebagian besar anak-anak menyukai musik yang bahagia dan lucu, sementara sebagian besar remaja lebih suka musik metal dan rock.

Pastikan Anda menamai musik Anda untuk digunakan kembali:

Sumber musik hanya berasal dari situs bebas properti. Terhubung dengan pencipta musik dan pastikan dia baik-baik saja dengan itu. Anda juga dapat membeli musik secara legal dari situs pihak ketiga.

Jangan berfokus Pada satu:

Setelah memilih beberapa trek, terapkan satu per satu ke video Anda dan cari tahu mana yang paling cocok dengan video Anda.

Langkah 6: Ceritakan kisah Anda

Kami sekarang telah sampai pada langkah terakhir dalam membuat video yang bergerak. Saya telah menghabiskan seluruh waktu menguasai video animasi Anda dengan segala cara yang mungkin.
Tapi mana yang lebih kuat? Ceritakan kisah Anda dengan kata-kata Anda sendiri, atau tambahkan baris dan baris teks dalam video Anda?
Menambahkan voice over yang benar dapat meningkatkan kualitas video. Ini dapat dilakukan dengan dua cara,

Dengan menunjuk artis audio:

Anda dapat menemukan artis suara profesional di situs kerja independen seperti Fiverr dan Upwork. Mereka dapat memberi Anda file audio berkualitas tinggi untuk video Anda. Selain itu, mereka terjangkau dan menjanjikan pengiriman tepat waktu juga.

Rekam sendiri:

Merekam audio kami bisa menyenangkan tetapi ini adalah tantangan! Bagian yang paling penting adalah peralatan. Merekam terdengar buruk adalah pembunuh pertama dari video!
Pastikan untuk belajar dari para ahli sebelum Anda mulai.
Anda juga dapat menggunakan app teks ke ucapan tingkat lanjut seperti Animaker Voice untuk membuat suara Anda sendiri.
Enam langkah ini hanya untuk memulai Cara membuat video animasi. Setelah Anda membuat banyak video, tips ini akan menjadi sifat kedua. Apakah Anda memiliki keraguan yang belum dijawab? Silakan ajukan pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah ini – kami dengan senang hati membantu Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.